Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona CONCACAF Dan CONMEBOL Diwarnai Beberapa Insiden

Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona CONCACAF Dan CONMEBOL Diwarnai Beberapa Insiden

Daftar final piala dunia terkait tim mana saja yang berangkat ke Rusia masih belum ditentukan dalam jangka waktu dekat ini mengingat turnamen tersebut baru akan berlangsung tahun 2018 nanti. Beberapa konfederasi sepakbola telah memulai pertandingan kualifikasi untuk menentukan tim negara mana saja yang akan mewakili konfederasi tersebut di putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia nanti. Beberapa tim kuat yang menjadi langganan Piala Dunia sudah mulai memperlihatkan dominasi mereka dengan mengumpulkan poin demi poin untuk membuka peluang lolos yang lebih besar. Konfederasi CONCACAF dan CONMEBOL di benua Amerika merupakan konfederasi yang telah memulai pertandingan kualifikasi. Ada beberapa tim kuat di benua Amerika yang hampir selalu turut serta dalam putaran final Piala Dunia.

Insiden Cedera Pada Laga Kualifikasi Piala Dunia Konfederasi CONCACAF

Meksiko menjadi salah satu tim di konfederasi CONCACAF yang memulai kualifikasi dengan cukup baik. Kemenangan 2 – 0 atas Honduras memberi mereka tambahan 3 angka untuk membuka peluang lebih besar lolos ke Rusia. Pertandingan yang berlansung di Esdatio Limpico, San Pedro Sula tersebut diwarnai oleh insiden cedera yang dialami Luis Garrido. Gelandang tim nasional Honduras tersebut mengalami cedera patah kaki setelah melakukan perebutan bola dengan pemain Meksiko Javier Aquino. Kedua pemain kemudian bertukar pesan saling mendukung dan memaafkan melalui akun Twitter mereka. Luis Garrido yang kini bermain untuk klub Major League Soccer Houston Dynamo tidak menyalahkan Javier Aquino atas musibah yang menimpa dirinya. Gelandang berusia 25 tahun tersebut diperkirakan harus absen dari lapangan hijau selama 1 tahun.

Kecelakaan di lapangan tersebut memang terjadi begitu cepat; video yang merekam kejadian tersebut memperlihatkan kejadian ketika Aquino kehilangan keseimbangan dan jatuh di atas kaki Garrido. Kaki Luis Garrido kemudian tertarik di bagian lutut dan memengkok ke arah yang salah. Dokter tim nasional Honduras Oscar Benitez kemudian memberikan keterangan bahwa Luis Garrido mengalami cedera sendi lutut kanan yang lepas dan mengalami luka pada 4 bagian ligamen.

Meksiko menjadi salah satu tim yang memulai kualifikasi dengan hasil bagus. El Tri sukses mengantongi nilai 6 dari kemungkinan 6 setelah menjalani 2 pertandingan. Kemenangan 2 – 0 saat bermain tandang ke Honduras memberi hasil sempurna bagi Meksiko. Pada pertandingan sebelumnya; Javier Hernandez juga mencatat kemenangan 3 – 0 atas El Salvador pada laga kandang. Berkat hasil tersebut maka Chicharito dan kawan – kawan mencatat 2 kali pertandingan dengan hasil menang tanpa kebobolan.

Kualifikasi Piala Dunia Konfederasi CONMEBOL Diwarnai Ancaman Mogok Pemain Venezuela

Hasil buruk yang dituai oleh tim nasional Venezuela pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 di konfederasi CONMEBOL ternyata berlanjut dengan ancaman mogok bertanding pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia yang tersisa. Penyerang West Bromwich Albion Salomon Randon menjadi salah satu dari 15 pemain yang akan menolak bermain di sisa pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 yang dijalani tim nasional Venezuela jika direktur Federasi Sepakbola Venezuela tidak diganti. Ancaman mogok tersebut muncul setelah Presiden Federasi Sepakbola Venezuela (FVF) mengeluarkan pernyataan bahwa para pemain tim nasional melakukan tindakan kudeta untuk memecat manajer Noel Sanvicente. Venezuela memang menuai hasil buruk setelah kalah di 4 pertandingan pertama kualifikasi Piala Dunia konfederasi CONMEBOL.

Para pemain kemudian merespon pernyataan Presiden Federasi Sepakbola Venezuela tersebut dengan mengeluarkan pernyataan menuntut pergantian kepemimpinan di FVF agar kerja keras yang telah dilakukan selama lebih dari 8 tahun tidak sia – sia. Menurut para pemain; pihak FVF telah melakukan kesalahan yang membuat situasi tim nasional menjadi tidak kondusif sehingga para pemain tidak lagi dapat bermain dengan situasi yang telah dirusak oleh Presiden FVF saat ini. Kekalahan di kandang dari Ekuador menjadi salah satu pemicu krisis tim nasional Venezuel. Manajer Noel Sanvicente mengatakan bahwa dirinya tidak lagi yakin dengan dukungan yang ia peroleh di kamar ganti. Pemain belakang Middlesbrough Fernando Amorebieta mengeluarkan pernyataan bahwa dirinya tidak akan bermain di tim nasional jika manajer Noel Sanvicente masih belum diganti. Setelah kalah dari Paraguay, Brazil, Bolivia dan Ecuador maka Venezuela berada di dasar klasemen grup kualifikasi Piala Dunia 2018. Hanya akan ada 4 negara dari konfederasi CONMEBOL yang secara otomatis masuk ke dalam daftar final piala dunia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *