Juara dan Bola Resmi Euro dalam Putaran Sejarah

Juara dan Bola Resmi Euro dalam Putaran Sejarah

Bola euro 2016 yang berlangsung di Prancis beberapa bulan lagi wajib ditunggu oleh setiap penggila bola. Sejak pertama kali dilangsungkan tahun 1960 silam, jumlah pesertanya semakin bertambah. Kualitas permainan pun semakin berkembang diiringi oleh peningkatan aturan dan fasilitas stadiun. Banyak hal menarik dari Euro 2016 mulai dari era klasik hingga modern. Anda pasti penasaran dan barangkali belum mengetahui beberapa kisah di antaranya.

Debut Euro

Tahun 1960 adalah momen pertama kalinya Euro diselenggarakan. Menariknya, kompetisi ini ternyata juga diadakan di Prancis, sama dengan yang akan segera kita sambut di pertengahan tahun depan. Dalam momen bersejarah itu, Uni Soviet keluar sebagai juara. Pertandingan final itu dilangsungkan di Parc des Princes, Paris. Melawan Yugoslavia, tim yang masih dalam naungan negara Komunis itu berhasil unggul dengan skor 2-1 perpanjangan waktu.

Jalannya pertandingan berlangsung sangat sengit. Bahkan Yugoslavia unggul terlebih dahulu melalui gol yang diciptakan oleh Milan Galic. Gol itu terjadi di menit ke 43. Namun enam menit berikutnya, tim Uni Soviet membalas dengan gol yang diciptakan oleh Slava Metreveli. Sampai berakhirnya babak kedua, skor imbang 1-1 masih bertahan. Akhirnya, babak perpanjangan waktu pun dilaksanakan dengan gol kemenangan yang diciptakan oleh Viktor Ponedelnik.

Tim Uni Soviet waktu itu dilatih oleh Gavril Kachalin. Ia menurunkan sejumlah punggawanya seperti Mikheil Meski, Valentin Bubukin, Viktor Ponedelnik, Valentin Ivanov, Slava Metreveli, dan Igor Netto sebagai kapten tim. Tim Yugoslavia saat itu juga dilatih oleh tiga orang, yaitu Dragomir Nikolic, Ljubomic Lovric, dan Alexander Tirnanic. Tim ini diperkuat oleh sejumlah pemain seperti Zeljko Matus, Dragoslav Sekularac, Drazan Jerkovic, Milan Galic, dan Bora Kostic sebagai kapten tim.

Empat tahun berikutnya, ajang Euro kembali diselenggarakan. Tahun 1964 adalah momen yang sangat bersejarah bagi Spanyol. Negara ini menjadi tuan rumah sekaligus pemenang pada babak final. Mereka merebut gelar itu dari sang juara bertahan, Uni Soviet. Dengan skor 2-1, mereka tampil sangat bagus meladeni keganasan dari tim tamu.

Sejak menit-menit awal, tim tuan rumah tampil dengan sangat cepat dan gesit memotong serangan-serangan lawan. Mereka pun menciptakan kejutan saat enam menit pertama dengan gol yang diciptakan oleh Jesus Maria Pereda. Tapi Uni Soviet saat itu adalah tim yang sangat kuat sehingga tak mudah untuk mengendorkan mental mereka begitu saja. Hanya berselisih dua menit, mereka membalas dengan gol yang diciptakan oleh Galimzyan Khusainov. Sampai pada babak kedua, pertandingan berlangsung sangat sengit dan cenderung imbang. Menjelang bubarnya babak kedua di menit 84, tim nasional Spanyol pun akhirnya memantapkan kemenangan mereka melalui gol yang diciptakan oleh Marcelino Martinez.

Bola Resmi Euro

Ada fakta unik lain yang terkait dengan sejarah penyelenggaraan Euro. Dari masa ke masa, bola yang digunakan dirancang dalam bentuk dan pola yang beragam. Di tahun 1960, bola resmi yang dipakai masih sangat sederhana. Bentuknya polos dengan pola standar yang mungkin menyerupai bola voli. Warnanya juga kuning keemasan. Di momen Euro 1964, bentuk bola justru terlihat semakin sederhana. Masih menggunakan pola yang sama namun kali ini polos putih. Tahun 1968, Euro diselenggarakan di Italia. Disponsori oleh Adidas, dengan logonya yang melapisi permukaan bola berpola hitam putih. Hingga pada tahun 1976 Euro di Yugoslavia, bentuk dan desainnya masih mirip dengan logo Adidas yang besar.

Fase berikutnya adalah perubahan desain bola mulai dari era Euro 1980 di Italia. Jika sebelumnya pola bola berbentuk segi lima, kali ini bentuk polanya adalah bulat-bulat. Masih dengan pola hitam putih, namun dengan logo tulisan Adidas yang lebih kecil. Di tahun 1996, bentuk dan desain bolanya lebih sedikit modern dengan corak berwarna, nyaris mirip dengan desain bola Euro 1992 Swedia.

Tahun 2000an adalah masa-masa desain bola resmi Euro yang variatif. Tahun 2004, Euro Portugal menggunakan bola resmi dengan logo adidas berbentuk sepatunya yang khas dan corak garis menyilang hitam di dasar putih. Kini, desain bola resmi untuk Euro 2016 pun berbeda jauh dari sebelum-sebelumnya. Bola ini dinamai sebagai Beau Jeu dengan tampilan yang lebih segar, masih berkhas hitam putih, namun lebih berwarna dan menandai karakter sebagai bola euro 2016.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *